Jenis Parasit Pada Daging Ayam Yang Wajib Diwaspadai

By. Agritio Amanusa - 29 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Daging ayam adalah salah satu dari beragam bahan makanan sumber protein hewani yang populer dan sering dikonsumsi oleh masyarakat. Seperti halnya bahan pangan lainnya, daging ayam dapat terkontaminasi oleh parasit. Kontaminasi ini dapat terjadi selama produksi, pengolahan, atau penyimpanan daging ayam. Beberapa jenis parasit yang dapat ditemukan pada daging ayam antara lain:

Baca Juga: Ketahui Bahaya Keracunan Daging Ayam 

1. Cacing pita (tapeworm)
Cacing pita adalah jenis parasit yang dapat hidup di dalam tubuh manusia dan hewan. Cacing ini dapat ditemukan pada daging ayam yang belum dimasak sempurna atau tidak dimasak sama sekali. Jika dikonsumsi, cacing pita dapat menyebabkan infeksi pada sistem pencernaan dan memengaruhi kesehatan manusia.

2. Cacing tambang (roundworm)
Cacing tambang adalah parasit yang dapat hidup di dalam tubuh manusia dan hewan. Cacing ini dapat ditemukan pada daging ayam yang terkontaminasi tanah atau air yang tercemar. Jika dikonsumsi, cacing tambang dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Kenali Cara Mencegah Kontaminasi Daging Ayam

3. Eimeria
Eimeria adalah jenis parasit protozoa yang dapat menyebabkan penyakit coccidiosis pada ayam. Ayam yang terinfeksi Eimeria dapat menunjukkan gejala seperti diare, kehilangan nafsu makan, dan penurunan produksi telur. Jika daging ayam yang terinfeksi Eimeria dikonsumsi, dapat menyebabkan infeksi pada sistem pencernaan manusia.

4. Toxoplasma
Toxoplasma adalah parasit protozoa yang dapat hidup di dalam tubuh manusia dan hewan. Ayam dapat terinfeksi Toxoplasma melalui makanan yang terkontaminasi. Jika daging ayam yang terinfeksi Toxoplasma dikonsumsi oleh manusia, dapat menyebabkan infeksi pada sistem pencernaan dan memengaruhi kesehatan manusia.

Baca Juga: Kenali Bakteri Yang Dapat Mencemari Daging Ayam

5. Salmonella
Salmonella adalah jenis bakteri yang dapat ditemukan pada daging ayam yang tidak dimasak sempurna atau tidak dimasak sama sekali. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada sistem pencernaan dan memengaruhi kesehatan manusia. Beberapa gejala infeksi Salmonella meliputi demam, mual, muntah, dan diare.

Untuk menghindari kontaminasi parasit pada daging ayam, penting untuk memastikan bahwa daging ayam yang dikonsumsi telah dimasak sempurna. Memasak ayam pada suhu minimal 75 derajat Celsius dapat membunuh parasit dan bakteri yang mungkin terdapat pada daging ayam. Selain itu, penting untuk membeli daging ayam dari sumber yang terpercaya dan memastikan daging ayam disimpan pada suhu yang tepat untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan parasit.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp