Perbedaan Jenis Feed Addiive Untuk Ayam Broiler

By. Agritio Amanusa - 30 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Pakan ayam broiler yang sehat dan seimbang merupakan faktor penting untuk diperhatikan dalam pertumbuhan dan kesehatan ayam broiler. Feed aditif atau bahan tambahan pakan merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan efisiensi pakan dan kesehatan ayam broiler. Feed additive merupakan  bahan tambahan pakan yang ditambahkan ke pakan ayam broiler dalam jumlah sedikit dalam rangka meningkatkan produktivitas, kesehatan dan kualitas daging ayam broiler.

Baca Juga: Manfaat Prebiotik Terhadap Perlemakan Broiler

Feed additive pakan ayam broiler terdiri dari berbagai jenis dan fungsinya masing-masing. Beberapa jenis feed additive pakan ayam broiler antara lain:

1. Probiotik
Probiotik adalah jenis feed additive yang mengandung bakteri baik yang membantu meningkatkan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh ayam broiler. Probiotik juga membantu mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan dan meningkatkan produksi daging.

2. Prebiotik
Prebiotik adalah jenis feed additive yang memberikan nutrisi pada bakteri baik di dalam usus ayam broiler. Prebiotik membantu memperbaiki keseimbangan bakteri di dalam usus dan meningkatkan kekebalan tubuh ayam broiler.

Baca Juga: Beberapa Hal Yang Mempengaruhi Kerusakan Daging Ayam 

3. Enzim pencernaan
Enzim pencernaan adalah jenis feed additiveyang membantu meningkatkan efisiensi pencernaan pakan ayam broiler. Enzim pencernaan membantu memecah protein, lemak dan karbohidrat sehingga nutrisi lebih mudah diserap oleh tubuh ayam broiler.

4. Antibiotik alami
Antibiotik alami adalah jenis feed additive yang mengandung bahan alami yang membantu melawan bakteri berbahaya di dalam tubuh ayam broiler. Antibiotik alami tidak bersifat toksik dan tidak menimbulkan resistensi bakteri. Antibiotik herbal dapat berupa tanaman herbal seperti jahe, kunyit, ginseng dll.

Baca Juga: Hindari Mencuci Daging Ayam Sebelum Memasak

5. Antioksidan
Antioksidan adalah jenis feed additiveyang membantu melindungi sel-sel tubuh ayam broiler dari kerusakan akibat radikal bebas dan bahan kimia berbahaya. Antioksidan juga membantu meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh ayam broiler.

6. Asam lemak omega-3
Asam lemak omega-3 adalah jenis feed aditif yang membantu meningkatkan kualitas daging ayam broiler. Asam lemak omega-3 membantu mengurangi kadar lemak jenuh dan meningkatkan kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp