Ketahui Upaya Mencegah Resistensi Antibiotik Pada Ayam Broiler

By. Agritio Amanusa - 31 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id -  Antibiotik merupakan senyawa yang digunakan sebagai pengobatan untuk membunuh bakteri dalam rangka menghentikan pertumbuhan bakteri dalam tubuh hewan. Antibiotik digunakan secara luas dalam industri peternakan ayam broiler untuk mencegah dan mengobati infeksi bakteri yang dapat menyebabkan sakit atau bahkan kematian pada ayam. Namun, penggunaan antibiotik yang berlebihan dapat berdampak pada  resistensi antibiotik pada bakteri, termasuk bakteri patogen yang menyebabkan penyakit pada manusia. Oleh karena itu, penting untuk mencegah resistensi antibiotik pada ayam broiler dengan cara-cara berikut:

Baca Juga: Ketahui Manfaat Feed Additive Bagi Ayam Broiler

1. Gunakan antibiotik sesuai dengan rekomendasi dokter hewan
Penggunaan antibiotik harus sesuai dengan rekomendasi dokter hewan. Hal ini akan mengurangi kemungkinan penggunaan antibiotik yang tidak perlu dan membantu menghindari resistensi antibiotik. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat dosisnya, frekuensi dan lamanya penggunaan, dapat memicu resistensi antibiotik pada bakteri.

2. Gunakan antibiotik alternatif
Pertimbangkan penggunaan antibiotik alternatif atau pengobatan alternatif seperti probiotik, prebiotik dan herbal sebagai pengganti antibiotik. Probiotik dan prebiotik dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan ayam dan mencegah pertumbuhan bakteri patogen. Penggunaan antibiotik secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan flora usus yang sehat pada ayam, sehingga meningkatkan risiko terjadinya infeksi bakteri yang resisten antibiotik.

Baca Juga: Perbedaan Jenis Feed Addiive Untuk Ayam Broiler

3. Cegah infeksi bakteri
Cegah infeksi bakteri dengan meningkatkan kebersihan kandang ayam, pengelolaan limbah kandang, dan kebersihan air minum ayam. Infeksi bakteri yang menyebar di kandang ayam dapat menyebabkan infeksi bakteri resisten antibiotik. Jaga kebersihan dan kesehatan ayam dengan memberikan pakan yang sehat, air bersih dan kualitas pakan yang baik.

4. Gunakan vaksinasi
Vaksinasi dapat membantu mencegah infeksi bakteri pada ayam broiler. Vaksinasi juga dapat membantu mengurangi penggunaan antibiotik pada ayam. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk menentukan vaksinasi yang tepat untuk ayam broiler anda.

Baca Juga: Bahaya Resistensi Antibiotik Pada Ayam Broiler

5. Lakukan pemantauan dan pengawasan
Lakukan pemantauan dan pengawasan terhadap ayam broiler secara rutin. Hal ini akan membantu mengidentifikasi dan mencegah infeksi bakteri pada ayam. Jangan menunggu ayam terkena infeksi yang parah sebelum dilakukan tindakan medis. Semakin cepat infeksi diidentifikasi, semakin mudah infeksi tersebut dapat diobati.

Untuk menjaga kesehatan ayam dan menghindari resistensi antibiotik, sangat penting dilakukann tindakan pencegahan dan pengawasan secara rutin. Peternak dapat memberi perhatian lebih pada kebersihan kandang, pakan, dan air minum ayam.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp