10 Olahan Tuna Yang Dapat Kamu Coba

By. Nevanda - 26 Jun 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Tuna secara luas dianggap sebagai hidangan laut serbaguna karena kemampuannya beradaptasi dengan berbagai metode memasak dan kemampuannya untuk melengkapi berbagai macam rasa. Baik dinikmati mentah dalam sushi dan sashimi, dibakar sebagai steak, atau dimasukkan ke dalam salad, sandwich, dan casserole, tuna menawarkan berbagai kemungkinan kuliner.

 

Berikut ini adalah beberapa contoh dari sekian banyak hidangan lezat yang bisa kalian buat dengan menggunakan tuna sebagai bahan utamanya,

 

1.    Salad Pasta Tuna
Hidangan menyegarkan yang terbuat dari pasta yang dimasak, potongan daging tuna, sayuran yang dipotong dadu seperti paprika, mentimun, dan tomat ceri, yang dicampur dengan saus krim atau vinaigrette.


2.    Sandwich Tuna 
Sandwich klasik yang terbuat dari tuna kalengan yang dicampur dengan mayones, seledri potong dadu, bawang bombay, dan bumbu-bumbu. Campuran tuna dioleskan di atas roti, ditaburi keju, dan lalu dipanggang hingga meleleh.

 

Baca juga: Ternyata Seperti Ini Cara Pembuatan Saus Tiram


3.    Tuna Casserole
Hidangan casserole yang menenangkan yang menggabungkan pasta yang dimasak, tuna kalengan, krim sup jamur, kacang polong, dan keju, dipanggang hingga berwarna keemasan.


4.    Steak Tuna dengan Saus Mentega dan Lemon
Potongan tebal daging tuna segar yang dibumbui dengan garam, lada, dan dibakar hingga sempurna. Disajikan dengan saus mentega dan lemon yang beraroma harum.


5.    Burger Tuna
Jika biasanya burger terbuat dari daging sapi, kali ini burger tuna menjadi salah satu alternatif makanan yang dibuat dengan tuna segar, remah roti, telur, dan bumbu. 


6.    Tuna Poke Bowl
Hidangan yang terinspirasi dari Hawaii yang terdiri dari tuna mentah yang dipotong dadu dan direndam dalam kecap asin, minyak wijen, dan bumbu lainnya. Disajikan di atas nasi atau salad sayuran dan ditaburi dengan sayuran segar, alpukat, rumput laut, dan wijen.

 

Baca juga: 5 Alasan Pengalengan Ikan Adalah Pengawetan Yang Tepat


7.    Burrito Sushi Tuna
Hidangan fusion yang menggabungkan unsur sushi dan burrito. Biasanya terdiri dari nasi sushi yang sudah dibumbui, tuna mentah atau tuna panggang, alpukat, mentimun, dan berbagai isian yang dibungkus dengan selembar rumput laut.


8.    Paprika Isi Tuna
Hidangan ini berupa paprika yang diisi dengan campuran tuna yang sudah dimasak, nasi atau quinoa, sayuran, bumbu, dan rempah-rempah. Dipanggang hingga paprika empuk dan isiannya matang.


9.    Taco Ikan
Pilihan yang ringan dan sehat di mana daging tuna menjadi isian dari taco. Kulit taco biasanya terbuat dari tepung dengan tambahan isian berupa berbagai sayuran dan saus sesuai selera.


10.    Tuna Carpaccio
Tuna mentah yang diiris tipis-tipis dan disusun di atas piring dan disiram dengan minyak zaitun, air perasan lemon, dan bumbu-bumbu. Sering disajikan sebagai hidangan pembuka dengan pelengkap seperti arugula, caper, dan keju Parmesan serut.

 

Baca juga: Inilah Nutrisi Yang Terkandung Pada Daging Hiu




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp