5 Cara Yang Biasa Digunakan Untuk Menangkap Sarden

By. Nevanda - 27 Jun 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Nelayan menggunakan berbagai metode untuk menangkap kawanan ikan sarden. Metode spesifik yang digunakan dapat bergantung pada faktor-faktor seperti lokasi, sumber daya yang tersedia, dan ukuran kawanan ikan sarden. Berikut ini beberapa teknik yang umum digunakan oleh nelayan untuk menangkap ikan sarden:


1.    Pukat Cincin (Purse Seine)
Ini adalah salah satu metode paling populer untuk menangkap ikan sarden. Metode ini melibatkan penggunaan jaring besar yang disebut pukat cincin. Jaring ini dipasang di sekitar kawanan ikan sarden, melingkari mereka. Bagian bawah jaring kemudian ditarik menutup seperti dompet, sehingga ikan-ikan terperangkap di dalamnya. Jaring tersebut kemudian ditarik ke atas kapal penangkap ikan, untuk menangkap seluruh gerombolan ikan sarden.

 

Baca juga: 5 Alasan Metode Pengalengan Ikan Perlu Dipertimbangkan


2.    Jaring insang
Jaring insang adalah alat lain yang umum digunakan untuk menangkap ikan sarden. Jaring ini terbuat dari jaring halus dan digantung secara vertikal di kolom air dengan menggunakan pelampung dan pemberat. Ikan sarden yang berenang masuk ke dalam jaring akan terjerat oleh insang mereka, sehingga tidak dapat melarikan diri. Nelayan secara berkala memeriksa dan mengambil jaring untuk mengumpulkan ikan sarden yang tertangkap.


3.    Pukat harimau (Trawling)
Trawling adalah menyeret jaring besar yang disebut pukat di dalam air. Metode ini sering digunakan ketika ikan sarden ditemukan di kedalaman yang lebih dalam. Jaring ditarik di belakang kapal penangkap ikan, baik di dekat permukaan maupun di kedalaman tertentu, tergantung pada perilaku ikan sarden. Pukat menangkap ikan sarden saat ditarik melalui air, dan kemudian diangkat ke atas kapal.

 

Baca juga: Inilah Mengapa Sirip Hiu Masih Banyak Dicari


4.    Alat Pengumpul Ikan (Rumpon)
Nelayan terkadang menggunakan benda-benda terapung yang disebut rumpon di dalam air, yang berfungsi sebagai penarik ikan buatan. Alat ini dapat ditambatkan atau mengapung dan dirancang untuk menarik ikan, termasuk ikan sarden. Ketika sekumpulan ikan sarden berkumpul di sekitar rumpon, nelayan dapat menggunakan pukat cincin atau metode lain untuk menangkapnya.

 

Setiap daerah dan komunitas nelayan dapat menggunakan variasi metode ini atau menggunakan teknik khusus berdasarkan pengetahuan dan peraturan setempat. Praktik penangkapan ikan yang dilakukan juga harus selalu mematuhi praktik penangkapan ikan yang berkelanjutan dan mengikuti pedoman penangkapan ikan setempat untuk memastikan kelangsungan hidup jangka panjang populasi sarden dan ekosistem laut.

 

Baca juga: Ternyata Seperti Ini Cara Pembuatan Saus Tiram




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp