Pescatarian, Ikan Sebagai Sumber Protein Hewani

By. Nevanda - 13 Jul 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.idPescatarian adalah satu jenis pola makan yang mirip dengan vegetarian, namun pescatarian masih memakan menu protein hewani yang berasal dari ikan dan seafood. Sama seperti vegetarian, pescatarian menghindari memakan daging ternak maupun unggas dan sebagai gantinya mereka memakan seafood sebagai sumber protein hewani.

 

Salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik untuk menerapkan pola makan pescatarian adalah karena alasan lingkungan. Alasan ini muncul karena mengonsumsi daging hewan yang berasal dari industri peternakan hewan dan unggas diyakini akan memberikan dampak buruk terhadap lingkungan. Namun banyak juga orang yang memilih pola pescatarian karena alasan kesehatan.  Hal ini dikarenakan pola makan pescatarian yang sebagian besar adalah makanan bernilai gizi tinggi, seperti ikan, seafood, sayur, dan buah-buahan.

 

Baca juga: Coba Resep Ini untuk Membuat Nasi Goreng Seafood

 

Makanan sehat yang dikonsumsi pada pola makan ini tentunya memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menerapkan pola makan pescatarian:

 

1. Asupan protein terpenuhi

Protein salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan ole tubuh.  Protein berfungsi untuk menghasilkan sel dan jaringan tubuh baru, mendukung proses pemulihan luka, serta berperan dalam produksi berbagai macam hormon. Melalui pola makan pescatarian ini orang yang menjalaninya masih mendapat asupan protein hewani yang cukup dari konsumsi ikan dan seafood.

 

2. Mendapat asupan omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak sehat ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Asam lemak ini berperan dalam menjaga kesehatan jantung, mendukung fungsi dan kesehatan otak, dan mengontrol tekanan darah. Omega-3 dapat kita peroleh melalui konsumsi ikan-ikanan, seperti bandeng, salmon, tongkol dan lainnya.

 

Baca juga: Cara Sukses dalam Membersihkan Ikan Segar

 

3. Menurunkan resiko penyakit kardiovascular

Beberapa riset sejauh ini menyebutkan bahwa diet pescatarian dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovascular, seperti penyakit jantung dan stroke.

 

Meskipun banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pola makan pescatarian, namun perlu diingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Konsumsi daging ikan berlebih, dapat mengakibatkan penumpukan merkuri didalam tubuh dan meningkatnya kolesterol. Maka dari itu kunci untuk melakukan segala sesuatu adalah harus seimbang. Olahraga dan kontrol asupan kalori juga perlu dilakukan untuk mendapat manfaat maksimal ketika mengikuti suatu jenis pola makan atau pola diet.

 

Baca juga: 6 Ide Masakan Mudah Berbahan Sotong

 




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp