Coba Ini! Resep Sederhana Nasi Goreng Udang

By. Nevanda - 26 Jul 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Dalam dunia kuliner, beberapa hidangan bisa memikat indera kita seperti nasi goreng udang yang beraroma harum dan lezat. Hidangan yang terinspirasi dari Asia ini memadukan rasa manis yang lembut dari udang yang lezat dengan aroma sedap rempah nasi goreng yang dimasak dengan sempurna, dipadukan dengan berbagai macam sayuran yang renyah dan bumbu-bumbu yang menggiurkan. Baik kalian seorang koki rumahan yang sudah berpengalaman atau baru saja mulai menjajaki dunia masak-memasak, resep nasi goreng udang kami menjanjikan petualangan yang menyenangkan bagi lidah kalian. 


Bergabunglah bersama kami dalam perjalanan kuliner saat kami mengungkap rahasia membuat nasi goreng udang berkualitas restoran yang akan membuat keluarga dan teman-teman kalian tak sabar untuk mencicipinya. Berikut ini adalah resep sederhana untuk membantu kalian membuatnya di rumah:

 

Baca juga: Inilah Tahapan dalam Pembuatan Daging Kepiting Kalengan

 

Bahan-bahan:

  • 1 cup beras putih berbiji panjang (dimasak dan didinginkan)
  • 1/2 kg udang ukuran sedang (dikupas dan bersihkan)
  • 2 sendok makan minyak sayur (atau minyak goreng pilihan Anda)
  • 2-3 siung bawang putih (cincang)
  • 1/2 cup wortel (potong dadu)
  • 1/2 cup kacang polong beku
  • 2-3 daun bawang (diiris)
  • 2 butir telur (kocok)
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan saus tiram (opsional, untuk menambah rasa)
  • Garam dan merica secukupnya

 

Baca juga: Tingkatkan Kelezatan Seafood dengan 11 Bahan Ini

 

Petunjuk:

  1. Masak nasi sesuai dengan petunjuk pada kemasan dan biarkan dingin. Kalian juga dapat menggunakan sisa nasi yang sudah dimasak, yang cenderung lebih cocok untuk nasi goreng.
  2. Dalam wajan besar, panaskan 1 sendok makan minyak sayur di atas api sedang-besar. Tambahkan udang dan masak selama 1-2 menit di setiap sisinya hingga warnanya berubah menjadi merah muda dan sedikit oranye. Angkat udang dari wajan dan sisihkan.
  3. Dalam wajan yang sama, tambahkan satu sendok makan minyak sayur jika diperlukan. Tambahkan bawang putih cincang dan tumis selama sekitar 30 detik sampai harum. Berhati-hatilah agar bawang putih tidak gosong.
  4. Tambahkan wortel potong dadu dan kacang polong beku ke dalam wajan. Masak selama 2-3 menit, atau hingga sayuran empuk namun masih sedikit renyah.
  5. Dorong sayuran ke satu sisi wajan, sehingga ada ruang untuk telur. Tuang telur kocok ke dalam ruang tersebut dan orak-arik hingga benar-benar matang.
  6. Sekarang, tambahkan nasi dan udang ke dalam wajan. Aduk semuanya dan hancurkan gumpalan nasi.
  7. Tuangkan kecap asin dan saus tiram (jika ada) ke atas nasi dan udang. Aduk rata untuk melapisi nasi dan memasukkan saus.
  8. Bumbui dengan garam dan merica sesuai selera. Ingatlah bahwa kecap asin sudah mengandung garam, jadi berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak memberi garam pada hidangan.
  9. Tambahkan irisan daun bawang dan aduk sekali lagi agar semua bahan tercampur rata.
  10. Angkat wajan dari api, dan nasi goreng udang siap disajikan!

 

Jangan ragu untuk mengkreasikan resep ini dengan menambahkan sayuran lain seperti paprika, brokoli, atau jamur, atau dengan menyesuaikan bumbunya sesuai seleramu. Selamat menikmati nasi goreng udang buatan sendiri!

 

Baca juga: Waspada Terhadap Resiko Memakan Ikan Buntal




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp