Pelajari Cara Sederhana Membuat Pangsit Ikan

By. Nevanda - 14 Aug 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Pangsit ikan, juga dikenal sebagai pangsit seafood, adalah jenis pangsit yang dibuat dengan menggunakan ikan atau makanan laut sebagai bahan utama isiannya. Pangsit ini merupakan hidangan yang populer di berbagai masakan, terutama masakan Asia. Isiannya biasanya terdiri dari fillet ikan atau makanan laut yang dicincang halus atau dicincang dan dicampur dengan berbagai bumbu dan sayuran.


Pangsit ikan dapat diolah dengan berbagai metode memasak, seperti merebus, mengukus, atau menumis. Pangsit ikan sering disajikan dengan saus cocolan, seperti kecap asin atau saus sambal, untuk menambah cita rasanya.

 

Baca juga: Inilah Cara Membuat Nigirizushi di Rumah


Berikut ini resep pangsit ikan untuk Anda:


Bahan-bahan

  • Kulit pangsit
  • 200 gram fillet ikan, cincang halus
  • 100 gram udang, kupas dan cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 bawang bombay kecil, cincang halus
  • 1/2 cup kubis, diparut halus
  • 1 buah wortel, parut
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • Garam dan merica sebagai perasa

 

Baca juga: Coba Resep Sandwich Po' Boy Kepiting Ini di Rumah

 

Petunjuk

  1. Dalam mangkuk, campurkan ikan cincang, udang, bawang putih cincang, bawang bombay cincang, kubis parut, wortel parut, kecap asin, minyak wijen, garam, dan merica. Aduk rata hingga isian tercampur rata.
  2. Letakkan sesendok adonan ikan dan udang di tengah-tengah setiap bungkus pangsit.
  3. Lipat pembungkus menjadi dua untuk menutupi isian, lalu jepit dan lipat ujung-ujungnya untuk menutup pangsit. Anda dapat memilih untuk melipatnya menjadi bentuk bulan sabit atau melipatnya menjadi bentuk "dompet".
  4. Panaskan sepanci air hingga mendidih perlahan.
  5. Masukkan pangsit dengan hati-hati ke dalam air mendidih dan masak selama sekitar 4-5 menit hingga pangsit mengapung ke permukaan.
  6. Angkat pangsit dengan sendok berlubang atau saringan dan letakkan di atas piring.
  7. Sajikan pangsit ikan panas-panas dengan saus cocolan favorit Anda, seperti kecap asin dengan sedikit cuka dan taburan bubuk cabai merah. Anda juga dapat menggoreng pangsit untuk mendapatkan tekstur yang renyah, jika diinginkan.

 

Nikmati pangsit ikan buatan Anda yang lezat sebagai hidangan pembuka yang menyenangkan atau sebagai bagian dari hidangan yang lebih besar!

 

Baca juga: Inilah Tahapan dalam Pembuatan Kecap Ikan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp