Begini Cara yang Benar untuk Membuat Saus Mentaiko

By. Nevanda - 23 Aug 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Saus mentaiko adalah bumbu populer Jepang yang terbuat dari telur ikan pollock yang diasinkan dan dibumbui (juga dikenal sebagai mentaiko atau karashi mentaiko). Saus ini biasanya digunakan sebagai taburan untuk nasi, pasta, atau sebagai penambah rasa dalam berbagai hidangan. Berikut adalah resep dasar untuk membuat saus mentaiko:

 

Baca juga: Makan Ikan Teri Bisa Memberi 7 Manfaat Kesehatan Ini

 

Bahan-bahan:

  • 200 gram mentaiko (telur ikan pollock)
  • 2 sendok makan mayones (mayones gaya Jepang jika tersedia)
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1 sendok teh mirin 
  • 1 sendok teh sake (arak beras Jepang) - opsional
  • 1 sendok teh air jeruk nipis - opsional
  • Bubuk nori (rumput laut) panggang untuk hiasan - opsional
  • Nasi atau pasta yang sudah dimasak untuk disajikan

 

Baca juga: Ide Masakan Tiram: Resep Oyster Rockefeller

 

Petunjuk:

  1. Mulailah dengan mengeluarkan kantung mentaiko dari selaputnya dengan hati-hati menggunakan sendok atau jari Anda. Kantung tersebut berisi telur ikan, yang merupakan bahan utama saus.
  2. Buka setiap kantung secara perlahan untuk memperlihatkan telur di dalamnya. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat sayatan kecil menggunakan pisau dan kemudian menggunakan jari-jari Anda untuk memisahkan kantungnya secara perlahan.
  3. Gunakan jari-jari Anda untuk melepaskan selaput atau jaringan ikat dari telur. Hal ini akan memastikan tekstur saus yang lebih halus. Tempatkan telur yang sudah dibersihkan ke dalam mangkuk.
  4. Tambahkan mayones, kecap asin, mirin, sake (jika menggunakan), dan air jeruk lemon (jika menggunakan) ke dalam mangkuk berisi telur. Campur semuanya dengan lembut, usahakan untuk tidak menghancurkan telur terlalu banyak. Anda ingin mempertahankan tekstur pada saus.
  5. Jika Anda merasa sausnya terlalu kental, Anda dapat menyesuaikan konsistensinya dengan menambahkan sedikit mayones atau sedikit sake.
  6. Tutup mangkuk dengan bungkus plastik dan biarkan rasa menyatu di dalam lemari es selama sekitar 30 menit hingga satu jam. Hal ini memungkinkan rasa berkembang dan saus menjadi dingin.
  7. Setelah saus dingin, Anda dapat menyajikannya di atas nasi panas, pasta, atau hidangan apa pun yang Anda sukai. Anda juga dapat menaburkan beberapa serpihan nori panggang di atasnya untuk menambah rasa dan penyajian.

 

Ingatlah bahwa ini adalah resep dasar, dan Anda dapat menyesuaikan bahan-bahannya sesuai selera Anda. Beberapa orang suka menambahkan sedikit rasa pedas dengan memasukkan sedikit pasta cabai pedas atau sriracha. Bereksperimenlah dengan rasio tersebut sampai Anda menemukan keseimbangan rasa yang sempurna untuk lidah Anda.

 

Selamat menikmati saus mentaiko buatan Anda!

 

Baca juga: Coba Resep Sandwich Po' Boy Tiram Ini di Rumah




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp