Tips dan Trik Menyimpan Ikan Asap di Rumah

By. Nevanda - 12 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.idIkan asap merupakan salah satu produk olahan ikan yang lezat dan memiliki rasa dan bau yang khas. Baik Anda mendapatkannya dari pembuat ikan asap yang terampil atau mencoba pengasapan ikan sendiri di rumah, olahan ini dapat menajdi makanan yang lezat yang layak untuk dinikmati. Namun, seperti halnya produk kuliner lainnya, kualitasnya dapat dengan cepat menurun jika tidak disimpan dengan benar. Menyimpan ikan asap dengan benar sangat penting untuk mempertahankan rasa dan kebersihannya. Berikut adalah beberapa langkah untuk memastikan ikan asap Anda tetap segar dan aman untuk dikonsumsi:

 

Baca juga: Pilihan Jenis Ikan Terbaik untuk Diasap

 

1.    Disimpan dalam lemari es
Ikan asap harus disimpan di lemari es pada suhu atau di bawah 4°C. Suhu ini sangat penting untuk menjaganya tetap dingin dan mencegah pertumbuhan bakteri.


2.    Gunakan Wadah Kedap Udara
Tempatkan ikan asap dalam wadah kedap udara atau bungkus rapat dengan plastik pembungkus atau aluminium foil. Pastikan hanya ada sedikit paparan udara untuk mencegah ikan mengering dan menyerap bau dari lemari es.


3.    Simpan dalam Kemasan Aslinya
Jika ikan asap datang dalam kemasan yang disegel, kemasan vakum atau kemasan kedap udara dari pabriknya, Anda dapat menyimpannya dalam kemasan tersebut. Hanya buka kemasan tersebut saat Anda siap menggunakannya.

 

Baca juga: Ketahui 11 Fakta Menarik Mengenai Gurita


4.    Label dan Tanggal
Jika Anda memindahkan ikan asap ke wadah lain, beri label dengan tanggal pembelian atau tanggal pengasapan. Hal ini membantu Anda untuk melacak kesegarannya.


5.    Simpan di Rak Paling Bawah
Letakkan wadah ikan asap di rak paling bawah kulkas. Hal ini untuk mencegah cairan atau minyak menetes ke makanan lain dan berpotensi menyebabkan kontaminasi silang.


6.    Masak sesegera mungkin
Ikan asap paling baik jika dikonsumsi dalam beberapa hari setelah pembelian atau pengasapan. Meskipun dapat bertahan lebih lama, kualitasnya akan menurun seiring berjalannya waktu.

 

Sebelum mengonsumsi ikan asap, selalu periksa tanda-tanda pembusukan, seperti bau tidak sedap, tekstur yang tidak biasa, atau jamur. Jika Anda menemukan tanda-tanda tersebut, buanglah ikan tersebut.

 

Baca juga: Mengetahui Situasi Konservasi Salmon Atlantik




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp