Memahami Prinsip Utama Gaya Hidup Pescatarian

By. Nevanda - 13 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Pola makan pescatarian adalah jenis pola makan yang berbasis nabati tetapi masih mencakup makanan laut dan ikan sebagai sumber utama protein hewani. Kata "pescatarian" adalah kombinasi dari "pesce," yang merupakan kata Italia untuk ikan, dan "vegetarian." Pola makan ini mengecualikan bentuk daging lainnya seperti daging sapi, babi dan unggas untuk dimakan.


Berikut adalah prinsip-prinsip utama pola makan pescatarian:


1.    Penekanan pada Makanan Berbasis Tanaman
Fondasi pola makan pescatarian adalah makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanan ini menyediakan nutrisi penting, serat, dan antioksidan.


2.    Ikan dan Makanan Laut
Pescatarian memasukkan ikan dan makanan laut ke dalam menu makanan mereka. Sumber protein ini kaya akan asam lemak omega-3, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan fungsi otak. Contoh ikan yang biasa dikonsumsi antara lain salmon, trout, tuna, udang, dan kerang.

 

Baca juga: Jenis Ikan untuk Membuat Hidangan Fish and Chips


3.    Membatasi Konsumsi Daging atau Tidak Makan Daging Sama Sekali
Pescatarian menghindari daging merah (daging sapi, babi, domba) dan daging unggas (bebek, ayam, kalkun). Beberapa pescatarian mungkin memilih untuk sama sekali tidak mengonsumsi daging lainnya, sementara sebagian yang lain mungkin sesekali mengonsumsi daging dalam jumlah kecil.


4.    Produk Susu dan Telur
Banyak pescatarian yang memasukkan produk susu (seperti susu, keju, dan yogurt) dan telur ke dalam menu makanan mereka. Makanan ini menyediakan sumber protein dan nutrisi penting tambahan yang dapat diambil dari pola makan ini.

 

Baca juga: Pilihan Jenis Ikan Terbaik untuk Diasap


5.    Fleksibilitas
Pescatarianisme bersifat fleksibel, dan setiap orang dapat menyesuaikan pola makan mereka dengan preferensi mereka. Beberapa pescatarian mungkin memilih untuk makan ikan dan makanan laut secara teratur, sementara yang lain mungkin mengonsumsinya sesekali. Tingkat konsumsi produk hewani lainnya juga dapat bervariasi.

 

Penting untuk dicatat bahwa preferensi individu dan pilihan pola makan dapat bervariasi di antara pescatarian. Beberapa orang mungkin lebih condong pada pola makan vegetarian dengan sesekali mengonsumsi ikan, sementara yang lain mungkin menyertakan ikan dalam sebagian besar makanan mereka. Seperti halnya pola makan apa pun, penting untuk memastikan bahwa diet tersebut memenuhi kebutuhan nutrisi dan sesuai dengan gaya hidup Anda. Berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau ahli diet terdaftar dapat membantu Anda membuat rencana pola makan pescatarian yang seimbang.

 

Baca juga: Ketahui 11 Fakta Menarik Mengenai Gurita




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp