Menganalisis Kandungan Gizi Pada Coklat

By. Afifah - 14 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Coklat adalah salah satu makanan yang paling disukai di seluruh dunia. Rasanya yang lezat telah membuatnya menjadi camilan yang populer di berbagai acara dan suasana. Namun, selain kenikmatannya, coklat juga memiliki kandungan gizi yang menarik yang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. Coklat mengandung berbagai zat gizi yang penting bagi tubuh, seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi kandungan gizi dalam coklat.

Baca juga: Mengenal Jenis – Jenis Coklat yang Menggugah Selera

1. Kalori

Coklat mengandung kalori sebesar 228,49 kkal - 505 kkal per 100 gram. Semakin banyak gula yang terkandung dalam coklat, maka jumlah kalori dapat semakin meningkat.

2. Protein

Meskipun coklat bukan menjadi sumber protein, namun komponen ini terdapat didalamnya dalam jumlah yang cukup yaitu sebanyak 7,8 g - 19,59 g per 100 gram.

3. Lemak

Coklat memiliki kandungan lemak sebanyak 13,5 g - 43 g per 100 gram. Lemak yang ada dalam coklat berupa lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal, seperti asam oleat, dapat memiliki manfaat kesehatan, terutama untuk jantung.

4. Karbohidrat

Coklat memiliki kandungan karbohidrat yaitu sebanyak 3,5 g - 46 g per 100 gram. Karbohirat ini mencakup gula, jadi pastikan untuk mengonsumsinya dengan bijak, terutama jika kamu ingin menjaga asupan gula harian.

Baca juga: Menguak Manfaat Tersembunyi Teh Cascara: Mengapa Minuman Ini Pantas Dicoba

5. Serat

Kandungan serat yang ada pada coklat yaitu sebesar 11 g per 100 gram. Serat ini dapat bermanfaat bagi sistem pencernaan.

6. Mineral

Coklat memiliki kandungan mineral penting, berupa magnesium, fosfor, natrium, dan zat besi, yang mana bisa membantu mengangkut oksigen dalam darah.

7. Vitamin

Kandungan vitamin berupa vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (Niasin) dan vitamin E

Penting untuk diingat bahwa manfaat kandungan gizi dalam coklat dapat dinikmati dengan bijak dan dalam jumlah yang moderat. Terlalu banyak konsumsi coklat yang tinggi dalam gula dan kalori dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan. Oleh karena itu, selalu penting untuk menjaga keseimbangan dalam pola makan Kamu dan mengonsumsi coklat sebagai bagian dari diet yang seimbang.

Baca juga: 10 Makanan Pelengkap Kaviar untuk Hidangan yang Sempurna




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp