Mengenal Sosis: Proses Pembuatan dan Bahan – Bahannya

By. Afifah - 21 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Sosis adalah makanan yang lezat dan bergizi yang dapat dibuat dengan berbagai rasa dan varian sesuai selera. Pembuatan sosis memerlukan bahan seperti daging cincang, lemak, rempah, dan bahan lainnya. Proses pembuatan sosis dilakukan melalui beberapa tahap. Mari kita bahas Bersama, bagaimana proses pembuatan sosis secara umum:

Baca juga: Sosis Wortel: Resep Sosis yang Lezat dan Sehat

1. Persiapan bahan dan Bumbu – Bumbu

Bahan dan bumbu yang perlu disiapkan meliputi telur, tepung tapioca, garam, bawang putih, penyedap rasa, saltpeter, dan emulsifier. Penggunaan bahan yang terbaik akan menghasilkan produk yang terbaik pula.

2. Penggilingan Daging

Daging yang sudah disiapkan digiling dengan tujuan untuk memperkecil ukuran sehingga akan mempermudah proses pencampuran.

3. Pencampuran Daging dengan Bumbu – Bumbu

Daging yang sudah berukuran kecil dicampur dengan bumbu bumbu yang sudah disiakan secara merata. Pada proses ini dapat dilakukan pengencekan rasa, apabila dirasa kurang, kamu dapat menambahankan bumbu – bumbu secukupnya agar rasa yang diperoleh sesuai dengan keinginan.

4. Proses Emulsifikasi

Baca juga: Sosis: Ketahuilah Kandungan Gizi Didalamnya

Pada proses ini dilakukan penambahan serpihan es yang ditujukan untuk mengurangi efek panas sehingga protein daging tidak rusak. Sumber emulsifier yang digunakan yaitu dari protein pada daging serta protein dari telur yang ditambahkan.

5. Pengisian Adonan

Adonan sosis yang sudah jadi kemudian dimasukkan ke dalam selongsong lalu dilakukan pengikatan sesuai dengan ukuran sosis yang diinginkan. Pengisian dan pengikatan dapat dilakukan manual maupun menggunakan mesin untuk mempermudah pekerjaan.

6. Proses Pemasakan

Sosis yang sudah jadi, kemudian dimasak dengan cara perebusan atau pengasapan. Proses ini bertujuan untuk memasak, mengawetkan, serta meningkatkan cita rasa dan aroma pada sosis.

7. Pengeluaran dari Selongsong dan Pengemasan

Pengeluaran dari selongsong dilakukan apabila selongsong yang digunakian tidak dapat dikonsumsi, Namun saat ini telah banyak digunakan selongsong berbahan edible yang bisa ikut serta dimakan, sehingga tidak perlu dikeluarkan. Pengemasan dilakukan pada sosis untuk memperpanjang umur simpannya dan menjaga dari adanya kontaminasi. Penyimpanan sosis dapat dilakukan didalam kulkas atau freezer agar sosis semakin awet.

Begitulah runtutan proses pembuatan sosis secara umum. Mudah sekali bukan? Sekarang kamu dapat mencoba membuat sosismu sendiri dirumah. Selamat mencoba.

Baca juga: Tips Memilih Sosis Berkualitas untuk Hidanganmu




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp