Cara Menyimpan Fillet Ikan yang Benar

By. Nevanda - 22 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Menyimpan fillet ikan dengan benar sangat penting untuk menjaga kesegaran, rasa, dan keamanannya. Baik Anda baru saja membeli fillet ikan segar atau membuat fillet ikan sendiri di rumah, berikut ini beberapa langkah untuk memastikan Anda menyimpannya dengan benar:

 

1. Gunakan Kemasan yang Tepat
Untuk penyimpanan jangka pendek (1-2 hari), simpan fillet ikan dalam kemasan aslinya jika kedap udara dan aman. Jika tidak, pindahkan ke dalam wadah kedap udara atau kantong plastik yang dapat ditutup kembali.


2. Simpan dalam keadaan dingin
Simpan fillet ikan di dalam lemari es pada suhu 0°C hingga 3°C. Semakin dingin semakin baik, tetapi pastikan suhunya di atas titik beku untuk mencegah pembekuan dan merusak tekstur ikan.


3. Bungkus dengan Benar
Jika Anda tidak memiliki wadah kedap udara atau jika Anda ingin menyimpan ikan dalam waktu yang lama, bungkus fillet dengan rapat menggunakan bungkus plastik atau aluminium foil. Pastikan hanya tidak ada paparan udara untuk mencegah daging ikan rusak di dalam freezer.

 

Baca juga: Mengidentifikasi Perbedaan Cakalang dan Tongkol


4. Label dan Tanggal
Jika Anda memindahkan fillet ikan ke wadah lain atau membungkusnya, beri label pada kemasan dengan tanggal pembelian. Hal ini membantu Anda melacak kesegarannya.


5. Gunakan Alas atau Piring
Letakkan fillet yang sudah dibungkus di atas nampan atau piring di lemari es. Hal ini untuk mencegah cairan fillet ikan menetes ke makanan lain dan mencemari makanan lain.


6. Simpan di Bagian Terdingin
Simpan ikan di bagian terdingin dari lemari es Anda, biasanya di bagian belakang atau di dekat bagian bawah. Suhu di area ini adalah yang paling konsisten.


7. Masak sesegera mungkin
Fillet ikan paling baik jika dikonsumsi dalam waktu 1-2 hari setelah pembelian atau persiapan untuk mendapatkan kesegaran yang optimal. Kesegarannya mulai menurun dengan cepat, terutama pada ikan yang lunak seperti ikan flounder.

 

Baca juga: Tips Terbaik untuk Memasak Lobster Segar


8. Pembekuan (Untuk Penyimpanan Lebih Lama)
Jika Anda tidak berencana untuk menggunakan fillet dalam beberapa hari, pertimbangkan untuk membekukannya. Bungkus satu per satu dengan bungkus plastik atau aluminium foil lalu masukkan ke dalam kantong pembeku kedap udara. Pastikan untuk mengeluarkan udara sebanyak mungkin dari kantong untuk mencegah tekstur daging ikan rusak. Beri label pada kantong dengan tanggal pembekuan.


9. Mencairkan dengan Benar
Saat Anda siap menggunakan fillet ikan beku, cairkan di dalam lemari es, jangan langsung di suhu ruangan. Pencairan yang lambat di dalam lemari es memastikan ikan tetap aman untuk dimakan dan mempertahankan teksturnya.


10. Periksa Kesegarannya
Sebelum memasak, selalu periksa tanda-tanda pembusukan, seperti bau tidak sedap, perubahan warna, atau tekstur berlendir. Jika Anda menemukan tanda-tanda tersebut, buanglah ikan tersebut.

 

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memperpanjang masa simpan fillet ikan Anda, memastikannya tetap aman dan nikmat untuk dimakan. Penyimpanan yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitas dan rasanya.

 

Baca juga: Hati-hati dengan 8 Ikan Tinggi Merkuri Ini




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp