Begini 7 Tips Barbeque Di Rumah yang Sehat dan Lezat

By. Afifah - 27 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Barbeque atau BBQ adalah acara makan bersama yang menyenangkan dan sering dilakukan di luar ruangan Kegiatan ini biasanya dilakukan rame – rame bersama teman – teman atau keluarga. Kalian juga bisa menikmati barbequean di rumah. Namun, untuk menghasilkan makanan yang sehat dan lezat, ada beberapa tips yang kalian perlu tau. Berikut adalah beberapa tips barbeque di rumah yang seru dan sehat:

Baca juga: Metode Memasak yang Dapat Digunakan untuk Kakap Merah

1. Pemilihan Daging

Tips pertama yaitu pilihlah daging yang segar dan jangan salah pilih daging barbeque. Kualitas daging juga perlu diperhatikan. Sesuaikan dengan kebutuhanmu. Misalnya jika kamu ingin menggunakan daging sapi, maka pilihlah yang berwarna merah segar dan tidak berlendir. Kamu juga bisa menyediakan berbagai macam daging atau frozen food yang bisa digunakan untuk barbeque agar semakin banyak variasi menu yang diciptakan.

2. Tambahkan Sayuran

Untuk memberikan tambahan cita rasa, kamu dapat menambahkan sayuran seperti paprika, bawang bombay, jamur dan selada ke dalam menu barbequemu. Sayuran dapat memberikan rasa yang segar dan sehat pada barbequemu. Sayuran ini biasanya dipanggang bersama dengan daging atau dijadikan lalapan.

3. Buat Bumbu Racikan Sendiri

Tips berikutnya yaitu buatlah bumbu racikan sendiri untuk barbequemu. Dibandingkan dengan bumbu instan, membuat bumbu sendiri tentu lebih sehat. Selain itu, rasa yang diperoleh juga dapat disesuaikan dengan preferensimu. Kamu bisa mencampurkan rempah – rempah seperti bawang putih, merica, rosemary, thyme, dan oregano untuk memberikan rasa yang khas pada barbequemu.

4. Gunakan Temperatur yang Sesuai

Baca juga: Mengenal Bratwurst: Sosis Klasik Khas Jerman

Saat kamu ingin memanggang bahan – bahan barbequemu, pastikan suhu panggangan yang kamu gunakan sesuai dengan jenis daging yang dipanggang. Suhu yang digunakan sangat memperngaruhi kualitas daging yang dihasilkan. Daging ayam dan ikan membutuhkan suhu yang lebih rendah daripada daging sapi atau babi. Olahan seafood biasanya membutuhkan suhu sekitar 56 – 64°C, daging sapi sekitar 55 – 70°C, dan daging ayam kisaran 75°C agar didapatkan daging yang matang sempurna.

5. Bolak-Balik Daging Secara Teratur

Bolak-balik daging secara teratur agar matang daging yang dipanggang bisa matang merata. Pastikan daging matang sesuai dan jangan sampai gosong, karena dapat berisiko menyebabkan gangguan sistem pencernaan dan kanker.

6. Buang Lemak dari Daging

Sebelum memanggang, buang lemak dari daging untuk mengurangi asupan lemak dan kolesterol.

Dengan mengikuti tips barbeque di rumah yang seru dan sehat, kamu dapat menikmati barbeque yang lezat dan sehat bersama keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba!

Baca juga: Belajar Membuat Scallop Bakar dengan Resep Ini




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp