Surabi Makanan Tradisional yang Tetap Diminati Anak Muda

Surabi Makanan Tradisional yang Tetap Diminati Anak Muda

Bagikan ke

Surabi (dalam bahasa Sunda), atau Kue Surabi dalam bahasa Indonesia, menjadi satu dari sekian banyak khazanah kuliner tradisonal Indonesia yang tak lekang oleh waktu. Konon, kuliner tradisi Jawa Barat tersebut sudah ada sejak 1923. Dalam sejarahnya, surabi berasal dari bahasa sunda yaitu “sura” yang artinya besar. Surabi sering disebut mirip dengan pancake yang berasal dari Belanda. Jika pancake menggunakan tepung dan telur, adonan surabi dibuat dengan menggunakan tepung terigu, tepung beras, dan santan kelapa.

Ada dua rasa yang dimiliki oleh camilan ini. Pertama surabi manis yang ditambahkan kinca atau gula merah cair. Kedua, surabi asin yang ditaburi oncom di atasnya. Surabi Bandung yang asin, adalah surabi yang paling terkenal dan melegenda dibandingkan dengan surabi yang manis.

Sekilas, surabi Bandung mirip dengan surabi Solo. Meski demikian, keduanya berbeda. Jika surabi Bandung dimasak dengan tungku tanah liat, surabi Solo dimasak dengan menggunakan wajan. Surabi Bandung memiliki tekstur yang lebih “basah” dan disajikan dengan saus kinca atau oncom. Bentuk surabi Bandung juga lebih tebal.


Meski zaman sudah modern, cara memasak surabi tidak pernah berubah. Surabi dimasak dengan menggunakan tungku dan wadah yang terbuat dari tanah liat. Penjual surabi Bandung juga masih menggunakan bara api dari kayu yang dibakar untuk memasak. Adonan surabi yang telah dicampur dimasak di atas wadah. Cara tradisional ini membuat Surabi terasa renyah, wangi, dan empuk.


Saat ini surabi disajikan dengan aneka rasa. Selain saus kinca, ada juga siraman saus durian atau bahkan ditambahkan telur ayam yang sudah dikocok. Ada pula Surabi dengan topping yang lebih modern mulai dari coklat, keju, sosis, mayones, kornet, hingga green tea. Kini Surabi masih lestari dari masa ke masa. Bahkan telah menjelma menjadi makanan yang tidak kalah kelezatannya dengan makanan luar negeri.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *