Menangani Ayam Broiler Yang Resisten Antibiotik

By. Agritio Amanusa - 31 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Ayam broiler yang resisten terhadap antibiotik merupakan permasalahan serius yang harus segera diatasi oleh peternak. Resistensi antibiotik pada ayam broiler dapat menyebabkan berbagai macam konsekuensi buruk meliputi kematian ayam, penyebaran penyakit yang sulit diobati pada manusia, dan penurunan kualitas produk ayam yang dihasilkan. Oleh karena itu, sebagai peternak, ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika ayam broiler resisten terhadap antibiotik, yaitu:

Baca Juga: Kenali dan Cegah Marek Disease Maupun Infectious Bronchitis Pada Broiler

1.Hentikan penggunaan antibiotik yang menyebabkan resistensi
Saat ayam broiler terbukti resisten terhadap antibiotik tertentu, peternak harus segera menghentikan penggunaan antibiotik tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyebaran resistensi ke ayam broiler yang lain dan mengurangi risiko penyebaran resistensi ke manusia.

2.Konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli nutrisi ternak
Peternak harus berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahli nutrisi ternak untuk menemukan alternatif pengobatan yang aman dan efektif untuk ayam broiler yang resisten terhadap antibiotik. Dokter hewan atau ahli nutrisi ternak dapat memberikan saran tentang pilihan pengobatan lain yang lebih aman dan mengurangi risiko resistensi antibiotik.

Baca Juga: Ketahui Upaya Mencegah Resistensi Antibiotik Pada Ayam Broiler

3. Lakukan pencegahan penyakit
Peternak harus memastikan bahwa ayam broiler mereka hidup dalam kondisi yang sehat dan aman. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan makanan dan air bersih, lingkungan yang bersih dan kering, serta menghindari overstocking dan kondisi stres yang dapat memicu penyakit pada ayam.

4. Terapkan biosecurity yang ketat
Peternak harus menerapkan biosecurity yang ketat untuk mencegah masuknya bakteri resisten antibiotik ke dalam peternakan. Hal ini dapat dilakukan dengan membatasi akses orang ke peternakan, menjaga kebersihan kendaraan dan alat-alat yang digunakan di peternakan, serta membatasi akses hewan liar ke peternakan.

Baca Juga: Bahaya Resistensi Antibiotik Pada Ayam Broiler

5. Monitor kondisi ayam broiler secara teratur
Peternak harus memantau kondisi ayam broiler secara teratur, termasuk tanda-tanda sakit dan kesehatan ayam secara keseluruhan. Hal ini dapat membantu peternak untuk mendeteksi penyakit dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan sebelum kondisi ayam memburuk.

Dalam melakukan tindakan pencegahan dan penanganan ayam broiler yang resisten terhadap antibiotik, penting bagi peternak untuk memahami tentang resistensi antibiotik dan cara menghindarinya. 




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp