Ini Dia Cara Membuat Hidangan Ceviche

By. Nevanda - 26 Jun 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.idCeviche adalah hidangan yang populer dalam masakan Amerika Latin, terutama di daerah pesisir. Ceviche adalah jenis hidangan seafood yang terbuat dari ikan atau kerang mentah yang direndam dan "dimasak" dengan air perasan jeruk, biasanya air perasan lemon dan jeruk nipis. Asam dalam air perasan jeruk secara efektif mengubah sifat protein dalam makanan laut, memberikan tekstur yang keras dan tampilan yang mirip ketika dimasak dengan panas.

 

Baca juga: 10 Olahan Tuna Yang Dapat Kamu Coba


Berikut ini resep ceviche:


Bahan-bahan:

  • 450 gram fillet ikan putih segar (seperti ikan nila, ikan kod, atau ikan halibut), potong dadu kecil
  • 1 cup air jeruk nipis yang baru diperas
  • 1/2 cup air jeruk nipis yang baru diperas
  • 1 bawang merah kecil, iris tipis-tipis
  • 1-2 buah jalapeño, buang bijinya dan cincang halus
  • 1/2 cup daun ketumbar segar cincang
  • 2 buah tomat, potong dadu
  • 1 buah alpukat, potong dadu
  • Garam dan merica secukupnya

 

Baca juga: Ternyata Seperti Ini Cara Pembuatan Saus Tiram

 

Petunjuk:

  1. Dalam mangkuk yang tidak mudah pecah (kaca atau stainless steel), campurkan potongan ikan, air jeruk nipis, dan air lemon. Pastikan ikan terendam seluruhnya di dalam air perasan jeruk. Tutup mangkuk dan dinginkan selama sekitar 30 menit sampai 1 jam, atau sampai ikan berubah warna dan "matang" oleh cairan asam. Aduk sesekali untuk memastikan semua ikan terendam secara merata.
  2. Sementara ikan direndam, siapkan bahan-bahan lainnya. Iris bawang merah, potong jalapeño, daun ketumbar, tomat, dan alpukat yang dipotong dadu. Sisihkan.
  3. Setelah ikan "matang" dalam air jeruk, tiriskan kelebihan cairannya. Tambahkan irisan bawang merah, potongan paprika jalapeño, daun ketumbar, dan tomat potong dadu ke dalam ikan. Aduk perlahan agar tercampur rata.
  4. Bumbui ceviche dengan garam dan merica sesuai selera. Berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak memberi garam, karena ikan telah menyerap garam dari air jeruk.
  5. Terakhir, masukkan alpukat yang sudah dipotong dadu secara perlahan agar tidak hancur. Tekstur alpukat yang lembut akan menambah tekstur yang bagus pada ceviche.
  6. Diamkan ceviche di dalam lemari es selama 10-15 menit agar rasanya menyatu.
  7. Sajikan ceviche dalam keadaan dingin. Kalian dapat menghiasnya dengan daun ketumbar dan menyajikannya dengan keripik tortilla atau jagung bakar sebagai pelengkap.

 

Selamat menikmati Ceviche buatan sendiri!

 

Baca juga: 5 Alasan Pengalengan Ikan Adalah Pengawetan Yang Tepat




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp