Mari Kenali 10 Ikan Rendah Merkuri

By. Nevanda - 15 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Konsumsi ikan yang rendah kadar merkuri adalah pilihan yang bijak, terutama jika Anda ingin menghindari risiko terkait merkuri. Berikut adalah beberapa jenis ikan yang umumnya memiliki kadar merkuri rendah dan dapat dianggap sebagai pilihan yang lebih aman:

 

1.    Sarden
Sarden adalah ikan kecil yang umumnya memiliki kadar merkuri yang rendah. Mereka juga kaya akan asam lemak omega-3 dan nutrisi penting lainnya.


2.    Salmon
Salmon adalah ikan laut yang sangat populer dan dikenal dengan kadar merkuri yang relatif rendah. Ini juga merupakan sumber yang baik asam lemak omega-3.


3.    Trout
Trout adalah ikan air tawar yang sering digunakan dalam masakan. Jenis ikan ini umumnya memiliki kadar merkuri yang rendah.

 

Baca juga: Seperti Inilah Proses Penangkapan Ikan Teri


4.    Makarel Kecil
Jenis makarel kecil, seperti makarel Atlantik (Atlantic mackerel), biasanya memiliki kadar merkuri yang rendah dan merupakan sumber nutrisi yang bagus.


5.    Ikan Nila
Ikan Nila adalah ikan air tawar yang biasanya memiliki kadar merkuri yang rendah. Ikan ini adalah sumber protein yang populer dalam berbagai masakan.


6.    Ikan Layur 
Ikan layur adalah ikan laut yang biasanya memiliki kadar merkuri yang rendah. Rasanya lembut dan sering digunakan dalam hidangan panggang.


7.    Ikan Cod
Ikan cod adalah ikan laut yang umumnya memiliki kadar merkuri yang rendah dan merupakan pilihan yang baik untuk berbagai hidangan.

 

Baca juga: Panduan Pemula untuk Memulai Pola Makan Pescatarian


8.    Ikan Haddock
Ikan haddock adalah ikan laut yang umumnya memiliki kadar merkuri yang rendah dan sering digunakan dalam hidangan seperti fish and chips.


9.    Ikan Black Cod 
Ikan black cod adalah ikan laut dengan daging berminyak yang umumnya memiliki kadar merkuri yang rendah.


10.    Ikan Pollock Pasifik
Ikan ini adalah ikan laut yang umumnya dianggap aman dari segi kadar merkuri dan sering digunakan dalam hidangan seperti fish sticks.

 

Selalu periksa dengan sumber yang terpercaya atau otoritas kesehatan lokal untuk informasi terkini tentang kadar merkuri dalam ikan, karena ini dapat bervariasi tergantung pada lokasi geografis di mana ikan tersebut ditangkap atau dibudidayakan. Selain itu, penting untuk memasak ikan dengan benar untuk menghindari risiko penyakit yang terkait dengan ikan mentah atau kurang matang.

 

Baca juga: Mengungkap Tantangan dan Kekurangan Gaya Hidup Pescatarian




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp