8 Cara untuk Menikmati Ikan Shisamo

By. Nevanda - 15 Sep 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Shisamo, ikan mungil dan lezat yang berasal dari perairan Jepang, memiliki tempat yang istimewa dalam masakan Jepang. Dengan tubuh ramping berwarna keperakan, kantung telur yang khas, dan rasa yang ringan dan sedikit manis, shisamo telah menjadi bagian dari berbagai hidangan tradisional dan kontemporer yang berhasil memikat selera para penggemar makanan laut. Berikut adalah beberapa cara umum untuk menyiapkan dan menikmati shisamo:

 

1.    Tempura
Shisamo sering kali disiapkan sebagai tempura, yaitu dengan melapisi ikan dengan adonan yang ringan dan renyah, lalu menggorengnya hingga berwarna cokelat keemasan. Sajikan dengan saus celup yang terbuat dari kecap asin, mirin, dan parutan lobak daikon.


2.    Memanggang
Shisamo juga bisa dipanggang. Cukup bumbui ikan dengan garam dan merica, lalu panggang hingga kulitnya renyah dan dagingnya matang. Anda dapat memeras air jeruk lemon di atas ikan bakar untuk menambah rasa.

 

Baca juga: Panduan Lengkap untuk Menjaga Kesegaran Daging Tuna


3.    Sashimi
Jika Anda memiliki shisamo segar, Anda dapat menikmatinya sebagai sashimi. Iris ikan tipis-tipis dan sajikan dengan kecap asin, wasabi, dan acar jahe.


4.    Nigiri Sushi
Shisamo dapat digunakan untuk membuat nigiri sushi. Letakkan sedikit nasi yang sudah dibumbui di tangan Anda, taburi dengan sepotong shisamo, dan tambahkan sedikit wasabi. Bentuk menjadi oval kecil dan sajikan dengan kecap asin.


5.    Acar
Beberapa orang menikmati acar shisamo. Anda dapat membuat acar ikan dengan campuran cuka, gula, dan garam, serta beberapa sayuran seperti wortel dan jahe. Biarkan direndam selama beberapa jam atau semalaman sebelum disajikan.


6.    Shisamo Donburi
Buatlah shisamo donburi dengan meletakkan shisamo panggang atau tempura di atas semangkuk nasi. Taburkan sedikit kecap asin atau saus teriyaki di atasnya dan hiasi dengan irisan daun bawang.

 

Baca juga: Mari Kenali 10 Ikan Rendah Merkuri


7.    Salad Shisamo
Buatlah salad shisamo dengan mencampurkan ikan ini dengan sayuran segar, alpukat, mentimun, dan saus wijen (sesame dressing).


8.    Shisamo Okonomiyaki
Gabungkan shisamo ke dalam okonomiyaki. Cukup campurkan ikan ke dalam adonan okonomiyaki bersama dengan parutan kubis dan bahan lainnya, lalu masak di atas wajan.

 

Jangan lupa untuk membersihkan dan membuang isi perut ikan shisamo dengan benar sebelum dimasak, dan pastikan ikan tersebut masih segar untuk mendapatkan cita rasa terbaik. Shisamo adalah bahan serbaguna dan dapat dinikmati dengan berbagai cara, tergantung pada preferensi dan keterampilan kuliner Anda.

 

Baca juga: Seperti Inilah Proses Penangkapan Ikan Teri




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp