Atasi Cekaman Panas Pada Broiler Melalui Tips Berikut

By. Agritio Amanusa - 21 Mar 2023

Bagikan:
img

kateringmakanan.co.id - Iklim tropis di Indonesia merupakan salah satu faktor dari maraknya kejadian kasus cekaman panas yang terjadi pada ayam broiler terutama pada wilayah peternakan yang udaranya kering. Terkait dengan hal tersebut, perlu diterapkan beberapa cara untuk mencegah terjadinya cekaman panas meliputi:

Baca Juga: Upaya Pencegahan Penyakit Kardiovaskular Pada Broiler

1. Meningkatkan kenyamanan dalam kandang

Kandang sistem tertutup (closed house) merupakan kandang yang disarankan untuk digunakan dalam pemeliharaan ayam broiler. Untuk membuat suasana nyaman dalam kandang closed house perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut : pastikan sistem ventilasi dan blower bekerja maksimal. Sirkulasi udara yang baik akan memungkinkan udara panas dalam kandang dapat keluar dan tergantikan dengan udara dingin di luar kandang. Selanjutnya, disarankan bagi peternak broiler untuk menggunakan atap kandang monitor untuk memperlancar sirkulasi udara. Selain itu, bangunan kandang juga harus diperhatikan dimana kandang dibangun memanjang mengarah timur-barat. Perhatikan pula terkait jarak antar kandang misalnya 1 m2 untuk 15 kg atau 6-8 ekor ayam broiler agar masih terdapat ruang untuk ayam dapat bergerak dan suasana di dalam kandang tidak terlalu padat.

2. Merapkan manajemen pemeliharaan yang baik
Pastikan agar air minum yang ada di dalam kandang tersedia dengan jumlah yang cukup secara ad libitum (secara tidak terbatas), berikan ransum dengan susunan bahan pakan berkualitas yang memiliki kandungan nutrisi sesuai dengan kebutuhan ayam berdasarkan fasenya.Ransum yang diberikan untuk ayam harus dicukupi sesuai dengan kebutuhannya untuk memaksimalkan pemanfaatan energi dari pakan.

Baca Juga: Pencegahan Obesitas Pada Broiler Bagi Peternak

3. Melakukan metode fogging
Sistem ini memungkinkan untuk diterapkan pada saat cuaca panas ekstrim. Melalui fogging, kelembaban udara di dalam kandang dapat diatur agar dapat sesuai dengan suhu nyaman ternak. Fogging dapat dilakukan dengan menggunakan mesin fogging yang menghasilkan semburan air halus atau nozzle yang disemprotkan di beberapa bagian di dalam kandang. Selain untuk mengatasi panas, fogging juga dapat membantu untuk membersihkan debu dan bau yang ada dalam kandang namun penggunaannya harus diperhatikan mengingat kelembaban yang terlalu tinggi juga tidak baik dan dapat memicu tumbuhnya bakteri atau jamur

4. Pemberian vitamin
Pemberian vitamin dan suplemen dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas dan mengurangi stres pada ayam. Vitamin yang dapat diberikan yaitu vitamin C, vitamin A dan vitamin E sebagai antioksidan

Baca Juga: Kenali dan Cegah Marek Disease Maupun Infectious Bronchitis Pada Broiler




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp